Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Senin, 01 November 2010

KEGIATAN SOSIAL HJ. UTJE Ch. SUGANDA, S.Sos

Kepedulian Ketua K3S Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos., terhadap kondisi masyarakat yang memliki kebutuhan khusus baik dilihat dari sudut fisik, mental bahkan kondisi ekonomi dan sosial budaya maupun lainnya. Menjadikan bagian dari pekerjaan sehari-harinya yang senantiasa memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Hal ini dilakukannya dengan melihat dan mendengar langsung kemudian merealisasikannya dalam bentuk aksi nyata yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh mereka. Adapun kegiatan yang telah dilakukan selama menjabat ketua K3S dari tahun 2003-2010 t, diantaranya:


1. Perintis terbentuknya Komisi Pemberdayaan Penyandang Cacat (KPPC) Kab. Kuningan pada Tahun 2003 sebagai lembaga koordinasi bidang kecacatan dalam mengimplementasikan Peraturan Pemerintah RI Nomor 43 Tahun 1998.

2. Memperjuangkan 17 orang penyandang cacat menjadi pegawai negeri sipil yang ditempatkan di berbagai instansi sesuai pendidikan dan kompetensinya masing-masing sesuai UU Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat.

3. Menyediakan kantor K3S Kab. Kuningan secara tersendiri di Jl. Pramuka No. 53 Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan.

4. Tahun 2005 Andil dalam mensukseskan olah raga sepak bola Tuna Daksa Manurung Cup Tingkat Nasional di Kabupaten Kuningan

5. Tahun 2006 membawa BPOC Kab. Kunigan menduduki peringkat 4 besar Pekan Olahraga Penyandang Cacat Provinsi (Porcaprov) Jawa Barat

6. Sebagai Ketua PMI Kab. Kuningan membentuk Bank Darah di tiap desa se Kab. Kuningan.

7. Peduli terhadap makam dan keluarga pahlawan sehingga tiap Hari Pahlawan diwajibkan ziarahdan memberikan bingkisan.

8. Tahun 2009 memperbaiki bangunan Yayasan Yatim Piatu Dharma Wanita Kab. Kuningan padahal sudah 30 tahun terabaikan.

9. Sangat dekat dengan karang taruna dan selalu mengisiceramah pada tiap kegiatan karang taruna kabupaten maupun kecamatan.

10. Briefing rutin di Kantor K3S dengan pekerja sosial profesional (mantan PSK dan Depsos)

11. Sebagai nara sumber pembinaan mental spiritual pada tiap pelatihan Tagana

12. Melalui TP.PKK Kabupaten bekerjasama dengan salah satu BUMN yang ada di Kuningan mengadakan program bedah rumah tidak layak huni dengan target 7000 rumah dan baru terealisasi sebanyak 4000 rumah dengan bantuan stimulant @ Rp.2.000.000,- sedangkan kalau dihitung biaya bedah rumah itu menghabiskan dana 15 – 25 juta rupiah ditambah swadaya masarakat.

13. Membantu kelompok usaha bersama (KUBE) PMKS dengan memberikan modal bergulir dari BK3S Provinsi Jabar, tiap thun 1 (satu) kube percontohan dibantu sebesar 10 juta rupiah.

14. Menyelenggarakan kegiatan Nikah Masal bekerjasama dengan Kementerian Agama RI Kab. Kuningan bagi orang-orang yang tidak mampu ataupun Nikah Siri.

15. Membantu meringankan beban keluarga tidak mampu yang sakit / mendapat musibah.

16. Memfasilitasi PMKS yag mengikutipendidikan / pelatihan

17. Ikut dalam Tim Penanggulangan Masalah Sosial dan memberikan solusi untuk pemecahannya.

18. Pada tahun 2009 menjadi Manager dalam lomba festifal band antar pelajar SLB tingkat nasional di Malang Jawa Timur, dan SLBN Taruna Mandiri Kuningan yang mewakili Jawa Barat mendudki peringkat ke 2 se Indonesia.

19. Sering mengunjungi yayasan korban narkotika dan memberikan bimbingan mental spiritual salah satunya adalah Yayasan Maha Kasih serta menjadi penceramah di tiap sekolah yang di jadwal oleh Granat Kuninga.

20. Memfasilitasi yayasan yang belum punya Akta Notaris pendiriannya untuk dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan sebagai prasyarat untuk mendapa bantuan permakanan, tahun 2010 sudah membantu 18 panti sebesar 63 juta rupiah hanya satu kali dan selanjutnya Kab. Kuningan tiap tahun mendapat bantuan dari Depsos RI sebesar miliaran rupiah.

21. Hasil pembangunan fisik dari PNPM, masyarakat sealu mengundang Hj. Utje untuk peresmian, sehingga masyarakat berlomba swadaya lebih besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar